Kamis, 28 Januari 2016

Perlindungan Korosi Pipa Bawah Laut

Perlindungan Korosi Pipa Bawah Laut

Pipa bawah laut salah satu bahan penyusunnya adalah baja. Baja digunakan sebagai bahan penyusun pipa karena tahan terhadap gaya tarik. Namun dibalik ketahanannya itu baja sangat rentan terhadap korosi. Oleh karena itu pipa bawah laut perlu dilindungi dari korosi. Korosi atau perkaratan adalah peristiwa kimia dimana senyawa yang tidak dikehendaki dihasilkan dari logam akibat interaksinya dengan lingkungan atau kerusakan pada logam akibat proses elektrokimia. Korosi internal pada pipa terkait dengan fluida yang mengalir dalam pipa sedangkan korosi eksternal disebabkan oleh air laut dan tekanannya. Ada beberapa hal yang dilakukan untuk perlindungan korosi pipa bawah laut yaitu :

1. External Pipe Coating
Coating adalah lapisan penutup yang digunakan pada permukaan sebuah benda untuk melindungi benda tersebut dari interaksi dengan lingkungan. Ada dua macam coating yaitu single layer coating yang digunakan bila pipa berada dalam kondisi stabil, statis dan berada di tanah yang liat atau pasir, sedangkan multilayer coating digunakan untuk  kondisi lingkungan dimana external coating mudah tergerus. Single Layer Coating yang sering dipilih yaitu Fusion Bonded Epoxy (FBE). Multi Layer Coating yang sering digunakan yaitu Dual Layer FBE, Three Layer.

2. Proteksi Katodik
Proteksi katodik adalah teknik yang digunakan untuk mengendalikan korosi pada permukaan logam dengan menjadikan permukaan logam tersebut sebagai katoda dari sel elektrokimia. Sistem proteksi ini biasanyan digunakan untuk melindungi baja, jalur pipa, tangki, tiang pancang, kapalm anjungan lepas pantai, dll. Proteksi katodik adalah cara yang efektif dalam mencegah stress corossion cracking (retak karena korosi) terutama pada pipa bawah laut. Ada dua metode dalam proteksi katodik ini yaitu Sistem anoda galvanik dan impressed current.




Daftar Pustaka :
http://kimiastudycenter.com/kimia-xii/69-korosi-dan-pencegahannya
http://perusahaankontraktor.abatasa.co.id/post/detail/42460/metode-pencegahan-korosi-pada-pipa-jaringan-migas
http://infrastrukturlaut.blogspot.co.id/2015/01/pencegahan-korosi-pada-pipa-bawah-laut.html
Lukman Tawekal, RIcky. 2012. "Bangunan Lepas Pantai II". Penrbit ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar